Rabu, 15 Maret 2017

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Pengertian, Manfaat, dan Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan sekitar




Ø Pengertiannya Manajemen Layanan Sistem Informasi

       Manajemen layanan sistem informasi adalah suatu metode yang pengolahan sistem  Teknologi Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen layanan sistem informasi merupakan pengertian kebalikan dari pendekatan sistem manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada suatu teknologi. Istilah manajemen layanan sistem informasi ini tidak berasal dari organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa ini tidak terlalu jelas kapan di mulainya.
       Manajemen Layanan TI atau manajemen layanan yang mempunyai dukungan besar dari TI / IT service management or IT service support management( ITSM atau ITSSM) mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan dari kualitas layanan TI yang memenuhi semua kebutuhan bisnis. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyediaan layanan TI melalui kombinasi yang sangat tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi. Contoh dari penggunaan manajemen layanan sistem informasi adalah berupa biaya produk, strategi bisnis, dan pelayanan konsumen.

Ø Manfaatnya Manajemen Layanan Sistem Informasi

     Berikut ini manfaat dari Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar antara lain sebagai berikut:

1.  Meningkatan aksesbilitas denagan cepat dan akurat sehingga tidak memakan waktu banyak, tanpa harus ada peranan dalam sistem informasi. Layanan sistem informasi menjadi jauh lebih akurat dalam proses pembuatan dan pembangunnya sehingga membangun dengan lebih jelas.

2.  Memastikan banyaknya tersedianya kualitas dan terampil dalam menggunakan sistem informasi. Jika pada suatu saat terjadi kerusakan kita akan mengetahui dimana kerusakan itu berasal dan dari mana asalnya secara cepat dan akurat karena ada penggunaan yang akan di dalamnya ada perbaikan.

3.  Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan – kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi. Dengan ini memudahkan kita dalam pengerjaan dan juga memudahkan dalam kita untuk keterampilan dalam sistem informasi tersebut.

4. Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua. Maka dari itu kita semuaakan merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun dengan layanan sistem informasi.  

Ø Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi

        Peranan Manajemen layanan Sistem Informasi adalah adalah sistem rencanaan bagian dari suatu pengendalian internal suatu business yangg meliputi sekitar masalahg pemanfaatan manusia, tekhnologi, prosedur dan dokumen, oleh akuntansi bidang manajemen untuk memecahkan masalah bisnis yang meliputi biaya untuk produk, layanan, atau strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa dikarenakan SIM biasanya digunakan untuk menganalisa suatu  sistem informasi lain yang nanti nya akan diterapkan pada aktivitas operasional organisasi nya .
          SIM (system informasi manajemen) di ilustrasikan sebagai sebuah  piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi,status, dan sebagainya. Lapisan selanjutnya terdiri dari sumber-sumber informasi seperti dalam mendukung operasi manajemen dalam kegiatan keseharian kita. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi berguna untuk membantu perencanaan yang taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncaknya terdiri dari sumber daya informasi untuk sarana  mendukung perencanaan dan perumusan/penarikan  kebijakan oleh tingkat manajemen.

         Layanan sistem informasi memiliki  banyak peran yang sangat efektif dan juga sangat penting bagi organisasi manapun. Layanan sistem informasi memliki banyak peran juga dalam kegiatan – kegiatan bisnis yang sangat operasional, dan juga menunjang oragnisasi agar dapat mengambil kesimpulan, dan juga banyak menunjang keungulan strategi kompeitif dalam organisasi. Contohnya seperti membangun dan pelayanan yang lebih baik lagi yang telah di sediakan oleh pelayanan sistem informasi.  

Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :

1. Mendukung Operasional Bisnis. 
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.

2. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.

3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan 
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.

4. Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya.

5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh 
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.

6. Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.

7. Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan, manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar