Ø Pengertiannya Manajemen Layanan Sistem
Informasi
Manajemen layanan
sistem informasi adalah suatu metode yang pengolahan sistem Teknologi
Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai
layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen layanan sistem informasi
merupakan pengertian kebalikan dari pendekatan sistem manajemen TI dan
interaksi bisnis yang terpusat pada suatu teknologi. Istilah manajemen layanan sistem
informasi ini tidak berasal dari organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu
dan awal penggunaan frasa ini tidak terlalu jelas kapan di mulainya.
Manajemen
Layanan TI atau manajemen layanan yang mempunyai dukungan besar dari TI / IT
service management or IT service support management( ITSM atau ITSSM) mengacu
pada pelaksanaan dan pengelolaan dari kualitas layanan TI yang memenuhi semua
kebutuhan bisnis. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyediaan layanan TI
melalui kombinasi yang sangat tepat dari teknologi, manusia, proses dan
informasi. Contoh dari penggunaan manajemen layanan sistem informasi adalah
berupa biaya produk, strategi bisnis, dan pelayanan konsumen.
Ø Manfaatnya Manajemen Layanan Sistem Informasi
Berikut ini manfaat
dari Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar antara lain
sebagai berikut:
1. Meningkatan aksesbilitas denagan cepat dan akurat sehingga tidak memakan waktu banyak, tanpa harus ada peranan dalam sistem informasi. Layanan sistem informasi menjadi jauh lebih akurat dalam proses pembuatan dan pembangunnya sehingga membangun dengan lebih jelas.
2. Memastikan banyaknya tersedianya kualitas dan terampil dalam menggunakan sistem informasi. Jika pada suatu saat terjadi kerusakan kita akan mengetahui dimana kerusakan itu berasal dan dari mana asalnya secara cepat dan akurat karena ada penggunaan yang akan di dalamnya ada perbaikan.
3. Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan – kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi. Dengan ini memudahkan kita dalam pengerjaan dan juga memudahkan dalam kita untuk keterampilan dalam sistem informasi tersebut.
4. Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua. Maka dari itu kita semuaakan merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun dengan layanan sistem informasi.
1. Meningkatan aksesbilitas denagan cepat dan akurat sehingga tidak memakan waktu banyak, tanpa harus ada peranan dalam sistem informasi. Layanan sistem informasi menjadi jauh lebih akurat dalam proses pembuatan dan pembangunnya sehingga membangun dengan lebih jelas.
2. Memastikan banyaknya tersedianya kualitas dan terampil dalam menggunakan sistem informasi. Jika pada suatu saat terjadi kerusakan kita akan mengetahui dimana kerusakan itu berasal dan dari mana asalnya secara cepat dan akurat karena ada penggunaan yang akan di dalamnya ada perbaikan.
3. Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan – kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi. Dengan ini memudahkan kita dalam pengerjaan dan juga memudahkan dalam kita untuk keterampilan dalam sistem informasi tersebut.
4. Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua. Maka dari itu kita semuaakan merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun dengan layanan sistem informasi.
Ø Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi
Peranan Manajemen layanan Sistem Informasi adalah adalah sistem rencanaan bagian dari suatu pengendalian internal suatu business yangg meliputi sekitar masalahg pemanfaatan manusia, tekhnologi, prosedur dan dokumen, oleh akuntansi bidang manajemen untuk memecahkan masalah bisnis yang meliputi biaya untuk produk, layanan, atau strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa dikarenakan SIM biasanya digunakan untuk menganalisa suatu sistem informasi lain yang nanti nya akan diterapkan pada aktivitas operasional organisasi nya .
SIM (system informasi manajemen) di ilustrasikan sebagai sebuah piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi,status, dan sebagainya. Lapisan selanjutnya terdiri dari sumber-sumber informasi seperti dalam mendukung operasi manajemen dalam kegiatan keseharian kita. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi berguna untuk membantu perencanaan yang taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncaknya terdiri dari sumber daya informasi untuk sarana mendukung perencanaan dan perumusan/penarikan kebijakan oleh tingkat manajemen.
Layanan sistem
informasi memiliki banyak peran yang sangat efektif dan juga sangat
penting bagi organisasi manapun. Layanan sistem informasi memliki banyak peran
juga dalam kegiatan – kegiatan bisnis yang sangat operasional, dan juga
menunjang oragnisasi agar dapat mengambil kesimpulan, dan juga banyak menunjang
keungulan strategi kompeitif dalam organisasi. Contohnya seperti membangun dan
pelayanan yang lebih baik lagi yang telah di sediakan oleh pelayanan sistem
informasi.
Peranan manajemen layanan sistem informasi
bagi lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :
1. Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan
dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan
pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.
2. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian
rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu
bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.
3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan
Kebijakan
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang
pasar.
4. Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time
dan akurat bagi pemakainya.
5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara
Global dan Menyeluruh
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara
global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.
6. Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk
mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan
sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
7. Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan,
manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di
pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar